Batman Begins - Unavailable Bebebz: Peluang Usaha Jual ikan Hias

cCtV

Minggu, 02 November 2014

Peluang Usaha Jual ikan Hias

Peluang Usaha Jual Ikan Hias

 
 
Bisnis penjualan ikan hias ternyata tidak dapat dipandang sebelah mata. Pasalnya, bisnis tersebut memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Selain itu bisnis ikan hias memiliki prospek positif kedepanya hal ini dapat diketahui dari semakin banyaknya orang yang mampu di Indonesia. namun dalam memulai bisnis ini memerlukan point point penting agar sukses dan bisa maju, tidak hanya semangat didepan namun loyo di akhir, bisnis ini memerlukan ketekunan dari sang pemiliknya. untuk lebih lanjut mengenai penjelasan usaha ini telah saya jabarkan secara detai dibawah, semoga membantu bagi anda yang ingin menggeluti bisnis ini.
Peluang usaha ikan hias adalah peluang usaha rumahan yang dapat memberikan keuntungan yang cukup potensial bagi yang menjalankannya karena pangsa pasarnya yang sangat luas. Karena untuk mengembangkan atau membangun usaha ikan hias ini terbilang cukup mudah dan siapapun bisa melakukannya.
Modal terbesar dalam memulai sebuah usaha itu adalah ketekunan disertai kerja keras dan semangat pantang menyerah. Memang tidak sedikit orang yang mengembangkan usaha ikan hias, namun tidak banyak juga pengusaha ikan hias yang gagal dalam membangun usaha ini. Untuk target pasarnya pun tidak sulit, pembelinya mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas. Jenis ikan hias ada dua macam, yaituikan hias air tawar dan air laut.
Pebisnis ikan hias biasanya memilih hanya menjual ikan hias air tawar, hanya menjual ikan hias air laut, atau menjual keduanya. Jenis ikan hias air tawar memiliki warna yang kurang menyolok dibandingkan dengan ikan hias air laut.
Tapi untuk perawatannya tentu lebih mudah ikan hias air tawar karena kita tidak perlu memiliki stok air laut sebagai media hidup mereka. Jika dibandingkan dengan budidaya ikan konsumsi pemeliharaanya hampir sama sedangkan penjualan ikan hias lebih mahal. Harga ikan hias pun cenderung stabil, karena ikan hias itu tergantung pada warna dan jenisnya. Apabila warnanya bagus akan dibandrol harga yang tinggi.
Di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk memulai usaha budidaya ikan hias :
Menentukan lokasi
 
Menentukan lokasi yang strategis sangat mempengaruhi modal yang perlu dipersiapkan. Apabila memiliki rumah di dekat sekolah atau tempat keramaian lainnya, maka cukuplah membuka display di teras rumah sebagai tempatnya, sehingga bisa mengurangi modal yang besar.
Target pemasaran
 
 
Target pemasaran merupakan hal yang penting dalam melakukan suatu usaha, karena jika kita kurang tepat memilih target pemasaran, kita akan kesulitan untuk memasarkannya. Jika itu terjadi maka akan berpengaruh terhadap penghasilan kita lama kelamaan akan terjadi kebangkrutan dan akhirnya gulung tikar. Target pemasaran untuk kategori ikan hias tentu saja bisa bermacam-macam mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
Peralatan
 
Peralatan yang diperlukan dalam berbisnis ikan hias ini contohnya seperti akuarium, aksesoris, jaring penangkap ikan, pompa, filter, dan lain-lain. Selain itu yang tidak kalah penting adalah menyediakan pakan ikan, vitamin, sampai obat anti jamur.
Jenis-jenis ikan
Jenis ikan harus ditentukan terlebih dahulu dan harus sesuai dengan target pemasaran kita. Jika kita ingin menentukan target untuk kalangan menengah ke atas, kita dapat menjual ikan louhan , ikan arwana, ikan discus dan lain-lain. Jika kita menetapkan target pemasaran kita untuk kalangan menengah ke bawah, kita bisa menjual ikan-ikan hias seperti ikan cupang, ikan koki, ikan koi.
Teknik pemasaran



 
Pemasaran sebuah ikan hias merupakan hal yang tidak sulit untuk dilakukan. Kemudian, cara yang biasanya dilakukan oleh pebisnis ikan hias adalah dengan memasarkan produk mereka secara online. Anda bisa menerapkan pemasaran dengan mudah melalui beragam forum dan marketplace. Salah satu forum bisnis yang paling banyak dijadikan tempat jual beli adalah kaskus. Sedangkan, untuk marketplace, anda bisa mencoba berniaga.com dan tokobagus.com.
Dengan layanan yang baik dan berkualitas, Peluang usaha ikan hias ini bisa meraup omset hingga jutaan rupiah per bulannya. Selamat mencoba dan semga anda sukses.
 
Sumber : Wikipedia.org ; Googling; Kamus Lengkap Bahasa Inggris; Organisations and the Business Environment, Second Edition by David Campbell, Tom Craig.
 
 
tugas pengantar bisnis #softskil
Nama         : Bambang Apriyadi Sumarno
Kelas         : 1EB16
Npm          : 22214020
Fakultas     : Ekonomi
Jurusan       : Akuntansi
Bahasan     : Analisa Bisnis dan Usaha

1 komentar: